Kamis, 19 November 2009

Waktu Beramal Dengan Pahala Luar Biasa



Amalan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah memiliki pahala yang luar biasa besarnya. Karena itu, sayang sekali jika pada hari-hari ini kita tidak melakukan sesuatu amalan kebajikan.


Hadits Nabi SAW:


"Tidak ada hari yang amalan paling dicintai Allah kecuali amalan yang dikerjakan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah".


Puasa sunat Senin dan Kamis, infaq, shadaqah, dan ibadah/perbuatan baik lainnya pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah tentu memiliki pahala yang berbeda ketika dilakukan di saat lain.


Imam Ahmad menambahkan:


"Maka perbanyaklah pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah dengan takbir, tahlil dan tahmid."


Dengan demikian, kita seharusnya berpikir - bagaimana seseorang beramal dengan pahala yang besar-besar. Jamaah Haji sekarang ini, mereka melakukan perbuatan mulia, di tempat mulia dan di waktu yang mulia pula. Ini adalah salah satu contoh pekerjaan yang luar biasa besar pahanya. Namun demikian, bagi kita yang belum berkesempatan di tanah suci, maka bisa saja kita termasuk


"Pekerjaan yang sangat mulia termasuk adalah puasa Arafah. Menghapuskan dosa-dosa kecil setahun lalu dan yang akan datang" Puasa Arafah dilakukan Kamis, 26 Nopember 2009.





Amalan lain yang bisa dilakukan di 10 hari pertama Dzulhijjah adalah ibadah sholat 'Ied. Ibadah ini adalah amal yang sangat besar pahalanya. Karena itu, Nabi SAW menganjurkan semua anggota keluarga untuk pergi ke tanah lapang untuk melaksanakan Solat 'Ied, termasuk wanita-wanita yang baru berhalangan.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat 'Iedul Adha

  1. Sebelum sholat 'Ied agar mandi, gosok, gigi, berwudhu dan memakai pakaian yang terbaik.
  2. Dilaksanakan di tanah lapang, tetapi jika hujan bisa dilaksankan di masjid
  3. Tidak ada sholat tahiyat, qabliyah atau ba'diyahnya.
  4. Tidak diawali dengan adzan, iqamah, atau aba-aba lainnya.
  5. Berangkat dan pulang melalui jalan yang berbeda, agar di hari kiyamat banyak tempat yang menjadi saksi bahwa kita telah beramal kebajikan atau ketaatan.
  6. Berangkat ke tempat sholat 'Ied tidak dianjurkan makan/minum terlebih dahulu.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP