Selasa, 23 Februari 2010

Soft Opening Gedung YKU

Menandai pemanfaatan Gedung YKU lantai satu, maka pada hari Sabtu, 27 Pebruari 2010 akan diselenggarakan Soft Opening Gedung YKU Lantai Satu dan sekaligus digelar peluncuran buku Menikmati Campur Tangan Tuhan, biografi salah seorang penyandang dana utama Gedung YKU, yaitu Bapak Injen Pol (purn) Hari Soenanto, SH,MH. Diharapkan bahwa melalui event tersebut dapat menjadi ajang shilaturahim bagi para aktivis gerakan dari berbagai angkatan (khususnya Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia/PII), lembaga-lembaga sosial keagamaan dan pimpinan dinas/instansi terkait di Yogyakarta.

Yayasan Kemaslahatan Umat (YKU) adalah organisasi non-pemerintah yang didirikan oleh para aktivis pergerakan Islam, khususnya para alumni Pelajar Islam Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (Perhimpunan KBPII) wilayah Yogyakarta Besar. Visi YKU adalah terwujudnya ukhuwwah menuju khaira ummat. Untuk mecapai visi tersebut, telah dirumuskan misi organisasi yaitu :
1.Menyelenggarakan Pelatihan dan pendidkan untuk pengembangan kepemimpinan muda Islam.
2.Mengembangkan kesehatan masyarakat
3.Menumbuhkan gerakan amal shaleh bagi masyrakat, khususnya komunitas lanjut usia
4.Pendampingan dan layanan pengembangan keluarga
5.Penelitian dan pengembangan ekonomi umat

Sekarang ini YKU sedang melaksanakan pembangunan kantor yang diberi nama “Gedung YKU” berlokasi di jalan Mangkuyudan 34 Yogyakarta. Peletakan batu pertama Gedung YKU dilaksanakan oleh tokoh pergerakan Islam Tahun 1960 an, yaitu Bapak Drs. H. Mohammad Husni Thamrin disaksikan oleh Mantan Menteri Perumahan Rakyat Drs. Yusuf Asyari, Irjen Pol (Purn) Drs. Hari Soenanto, dan segenap eksponen Keluarga Besar PII wilayah Yogyakarta Besar.

Gedung YKU yang dirancang berlantai tiga diproyeksikan menjadi pusat pergerakan pemuda, pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Karena itu, tujuan dibangunnya Gedung YKU yang awal mulanya dirintis oleh para aktivis pergerakan Islam Masyumi, antara lain :
1.Memfasilitasi tempat dan sarana pembelajaran yang representatif bagi para pelajar, mahasiswa dan pemuda serta masyarakat di Yogyakarta dan sekitarnya.
2.Menjadi pusat kegiatan dakwah dan pengembangan kualitas umat di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Karena itu, di samping sebagai tempat berbagai aktifitas sosial-pendidikan dan keagamaan, Gedung YKU sekaligus sebagai central aktivitas Yayasan, Wanita Islam Provinsi DIY dan Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar.
Pelaksanaan pekerjaan pembangunan Gedung YKU dimulai sejak 22 Oktober 2007. Sekarang ini pekerjaan pembangunan telah berhasil menyelesaikan lantai satu yang menelan biaya sebesar Rp 975 an juta. Biaya tersebut berasal dari swadaya segenap eksponen Keluarga Besar PII, bantuan lembaga sosial-keagamaan dan pemerintah. Direncanakan, setelah lantai satu bisa fungsional, maka segera akan dilanjutkan pekerjaan pembangunan lantai dua dan tiga.

Menandari pemanfaatan Gedung YKU lantai satu, maka pada hari Sabtu, 27 Pebruari 2010 akan diselenggarakan Soft Opening Lantai Satu dan sekaligus digelar peluncuran buku Menikmati Campur Tangan Tuhan, biografi salah seorang penyandang dana utama Lantai satu, yaitu Bapak Injen Pol (purn) Hari Soenanto, SH,MH. Diharapkan bahwa melalui event tersebut dapat menjadi ajang shilaturahim bagi para aktivis gerakan dari berbagai angkatan, lembaga-lembaga sosial keagamaan dan pimpinan dinas/instansi terkait di Yogyakarta.

Sementara itu, terkait dengan peluncuran buku, bapak Injen Pol (Purn) Hari Soenanto, SH,MH sendiri akan hadir memberikan pemaparan seputar buku biografinya tersebut dan sebagai pembahas adalah Bapak Drs. Mohammad Husni Thamrin dan Prof. Dr. Muhadjir Darwin. Buku Menikmati Campur Tangan Tuhan adalah salah satu buku biografi yang memaparkan seputar pengalaman hidupnya sejak menjadi aktivis PII dan Kesatuan Aksi Pemuda dan Pelajar Indonesia (KAPPI) yang pada tahun 1960 an sangat membidani lahirnya Tritura. Di samping itu, secara detail, Hari Soenanto yang lahir di Yogyakarta, 8 Nopember 1949 menguraikan perjuangannya yang sangat berat ketika akan meniti karir di militer sebagai anggota Polri.

Peserta Soft Opening Gedung YKU dan Peluncuran Buku Menikmati Campur Tangan Tuhan, terbuka untuk semua elemen masyarakat, lembaga-lembaga sosial keagamaan, khususnya para eksponen Perhimpunan Keluarga Besar PII yang telah tersebar di berbagai Kota. Karena itu, diharapkan, event ini akan menjadi media shilaturahim yang memiliki makna sangat besar untuk mereview kembali pengalaman masa lalu ketika menanamkan ideologi dan semangat pergerakan sekaligus mengaktualisasikannya kembali sesuai dengan profesinya masing-masing sebagai wujud partisipasi aktif mencerdaskan kehidupan bangsa yang bermartabat dan berkeadaban.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP